Rabu, 30 September 2009

GORENG IKAN MASSAL















Ramaikan Lebaran Ketupat
Warga Tojo Una-Una Gelar Goreng Ikan Sepanjang 4 KM

AMPANA - Seribuan warga Kabupaten Tojo Una-Una yang berada di empat kelurahan di Kecamatan Ampana Kota, Sabtu (26/9) malam, menggelar kegiatan goreng ikan sepanjang 4 kilometer (KM) di pantai Ampana.
Kegiatan goreng ikan tersebut dimulai dari Kelurahan Bailo, Ampana, Uentanaga Bawah dan Kelurahan Dondo yang terletak di pesisir pantai Ampana
Kegiatan yang difasilitasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tojo Una-Una tersebut dilaksanakan warga mulai sore hari hingga menjelang magrib dan disajikan pada saat lebaran ketupat yang dilaksanakan di empat kelurahan tersebut.
Setiap kelurahan menyiapkan warganya sebanyak 250 orang kaum perempuan, untuk melakukan goreng ikan tersebut di bawah tenda yang dibuat kaum laki-laki pada sehari sebelumnya..
Bupati Tojo Una-Una, Drs Damsik Ladjalani mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kegiatan massal yang akan dijadikan kegiatan tahunan di daerah ini, pada perayaan lebaran ketupat yang dilaksanakan seminggu usai lebaran Idul Fitri.
“Kita akan memprogramkan setiap tahun kegiatan ini dan kita mulai di empat kelurahan yang ada di Kecamatan Ampana Kota,” katanya.
Selain itu kata Bupati Damsik, kegiatan goreng ikan massal ini juga akan dijadikan iven pariwisata di daerah ini untuk menarik wisatawan baik lokal maupun manca negara.
Dalam kegiatan ini sebut Bupati Damsik, pemkab menyiapkan bahan-bahan yang digunakan dalam kegaiatan goreng ikan massla tersebut berupa beras sebanyak 2 ton, ikan laut sebanyak dua ton dan minyak goreng sebanyak satu ton liter dan minyak tanah dengan total dana sebesar Rp100 juta.
“Semua bahan-bahan itu dibagikan kepada warga untuk digunakan dalam kegiatan goreng ikan ini,” ujarnya.
Bupati Damsik menambahkan, kedepannya kegiatan ini bukan hanya dilaksanakan di empat kelurahan tetapi akan dilaksanakan di seluruh kelurahan dan desa yang berada di sepanjang pantai Ampana dengan panjang 10 kilometer.
Bupati Damsik berharap, kegiatan goreng ikan massal ini selain dijadikan sebagai ajang silaturahmi antar warga di lebaran ketupat, huburan bagi warga juga untuk mendorong warga Kabupaten Tojo Una-Una, agar membiasakan diri untuk mengkonsumsi ikan laut setiap saat.
“Di dalam ikan terdapat protein yang cukup banyak untuk perkembangan otak, sehingga warga harus setiap saat membiaskan untuk mengkonsumsi ikan laut,” imbuhnya.
Ismiaty salah seorang ibu warga Kelurahan Dondo, yang ikut menggoreng ikan mengaku senang bisa terlibat dalam kegiatan ini. Selain memberikan motivasi untuk bisa merayakan lebaran ketupat bersama warga lainnnya juga mendukung program yang dilaksanakan pemerintah.
“Kami senang, karena perayaan lebaran ketupat kali ini ada kegiatan goreng ikan sepanjang 4 kilometer dan sangat memeriahkan pelaksanaan lebaran ketupat tahun ini. Tahun sebelumnya lebaran ketupat tidak diisi kegiatan semacam ini,” jelasnya.
Dia berharap, kegaiatn semacam ini tetap dipertahankan agar Kabupaten Tojo Una-Una setiap tahunnya khususnya pada perayaan lebaran ketupat seperti ini selalu ramai dikunjungi orang, baik dari berbagai tempat di daerah ini maupun dari daerah lainnya di luar Tojo Una-Una.(RAHMAN)

Tidak ada komentar:

Momen Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2018 di Poso

MOMEN HARI PENDIDIKAN NASIONAL MOMEN HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2 MEI 2018 DI POSO "Anak-anak Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kot...