Selasa, 25 November 2008

PEDAGANG BUAH DI BAMBARU


Aneka Jenis Buah di Sudut Pasar Bambaru
Harganya Cukup Terjangkau Untuk Dibeli

PALU – Untuk mencari aneka jenis buah yang di jual di satu tempat seperti pisang, mangga, pepaya, alvokat bahkan durian, dengan harga murah meriah tidaklah sulit di Kota Palu ini. Salah satu tempat yang anda bisa kunjungi yakni tempat pedagang buah yang berada tepat di sudut Pasar Bambaru yang berada di Pintu Utara.
Tiga gerobak pedagang aneka jenis buah yang bertenda warna biru tua itu sangat menonjol posisinya di sudut Pasar Bambaru Palu Barat, sedang ramai dikunjungi pembeli. Salah satu pedagangnya bernama Aisyah (38) pun terlihat sibuk melayani pembelinya. Tak pelak tawar menawar hargapun terjadi antar Aisyah dengan pembeli.
Setelah sepakat, pembeli pun membayar harganya dan membawa pulang beberapa jenis buah yang diperdagangkan Aisyah.
Aisyah saat ditemui Media Alkhairaat disela-sela kesibukannya mengatur dagangannya mengatakan, ia dengan dua teman lainnya berdagang aneka jenis buah itu sejak tahun 2001 di sudut Pasar Bambaru yang dulunya bernama Pasar Tua.
“Sekitar tujuh tahun sudah kami berdagang disini,” ujarnya dengan dialeg kaili.
Dia menyebutkan, beberapa jenis buah yang djualnya berasal dari beberapa daerah seperti Kabupaten Donggala, Kabupaten Parigi Moutong dan Kota Palu sendiri. Untuk mendapatkan aneka jenis buah itu, Aisyah dibantu oleh sang suami bernama Astam (39). Menurutnya saat ini suaminya sedang berada di Desa Kabonga Kabupaten Donggala untuk mencari beberapa jenis buah seperti pisang, pepaya dan mangga.
“Kami berbagi tugas, saya yang menjual, suami saya yang mencari buah di desa-desa,” katanya.
Dia mengatakan, untuk harga jual berbagai jenis buah itu di jual dengan harga bervariasi dari harga Rp 3000 hingga Rp 20.000. Untuk jenis Pisang sepatu di jual dari harga Rp 3000 hingga Rp 5000 per sisirnya, Pisang Susu dari harga Rp 5000 hingga Rp 10.000 persisirnya sedangkan untuk buah mangga dijualnya hingga Rp 20.000 per tibo (satu tempatnya berisikan hingga sepuluh buah mangga).
Bahkan kata Aisyah, bukan hanya jenis buah mangga, pisang dan pepaya saja di jualnya, buah lain seperti alvokat, durian, semangka hingga rambutan dan langsat juga ada di tempatnya.
“Yang jelas harganya terjangkau untuk untuk dibeli,” tuturnya berpromosi.
Dia mengaku, waktu ramainya pembeli terjadi pada saat pagi dan sore hari, sehingga dirinya kerepotan melayani para pembeli. Walau begitu dirinya tidak merasa capek melayani pembeli karena sudah merupakan resiko dari seoarang pedagang.s.
“Yah kalu sudah banyak pembeli, repot juga melayaninya tapi saya senang karena jualan saya laris manis,” ucapnya.
Dia menambahkan, keuntungan dari berdagang aneka jenis buah ini terbilang lumayan dan bisa menutupi kebutuhan sehari-hari dan mengembalikan modal pembelian buah.
“Lumayanlah untungnya untuk pakai tambah-tambah modal dan kebutuhan sehari-hari di rumah,” akunya. (rahman)

Tidak ada komentar:

Momen Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2018 di Poso

MOMEN HARI PENDIDIKAN NASIONAL MOMEN HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2 MEI 2018 DI POSO "Anak-anak Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kot...